Oleh : Abdul Aziz bin Abdullah
Penulis adalah mahasiswa tingkat 2, Fak. Syariah – Universitas Imam Syafi’i, Mukalla, Hadhramaut, Yaman.
Nafashadhramaut.id | Beliau
merupakan satu di antara sekian banyak ulama Hadhramaut yang terkenal akan
keluasan ilmunya, baik yang dzahir maupun batin. Perjalanan jauh yang telah
beliau tempuh dari Nusantara menuju samudera ilmu tak berbuah sia-sia. Bahkan
pada zamannya, beliau menjadi rujukan oleh para ulama, dan juga banyak para
murid yang mengambil warisan Rasulullah saw. melalui beliau, sehingga
murid-muridnya pun menjadi khalifah di kurun setelahnya.
1. Nasab beliau
Beliau adalah
Al-Imam Al-'Arif billah Al -Habib Ahmad bin Muhsin bin Abdullah bin Hadi bin
Ali Al-Haddar bin Muhsin bin Al-Husein bin Syekh Abi Bakar bin Salim bin Abdullah
bin Abdurrahman bin Abdullah bin Al-Muqaddam At-Tsani Abdurrahman As-Seggaf bin
Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin
Ali bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Khali' Qasam bin Alwi bin Muhammad
Shohib Shouma'ah bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Muhajir ilAllah Ahmad bin Isa
bin Muhammad An-Nagib bin Ali Al-Uraidhi bin Ja'far Shodiq bin Muahammad
Al-Bagir bin Ali Zain Al-'Abidin bin Sayyidina Al-Imam Al-Husein bin Ali bin
Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah Az-Zahra Al-Batul putri Rasulullah saw.
2. Tempat lahir
Beliau lahir
tanggal 21 Jumadil Akhir pada tahun 1279 H. Tepatnya di sebuah daerah di kota
Surabaya, Jawa Timur. Di sinilah tempat pertama beliau menuntut ilmu kepada
orang tua dan Ulama-ulama sekitarnya dengan penuh perhatian dalam akhlak dan
pendidikan, hingga orang tua beliau mengambil keputusan untuk mengirim beliau
ke tanah dan di Inat, Hadhramaut, Yaman.
Setiba di kota
Inat, Beliau pun melanjutkan belajar ke
sebuah sekolah milik kakeknya Al-Habib Husein bin Syekh Abi Bakar bin Salim. Di
sekolah itu, beliau belajar berbagai macam bidang ilmu pengetahuan agama kepada
Syekh Salim bin 'Oudh Bamahu dan Habib Muhammad bin Zein Ba'abud.
Beliau
mengambil ilmu Tajwid kepada Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Masyhur. Ilmu Nahwu,
dan Fikih kepada Habib Ahmad bin Thoha As-Seggaf dan Habib Muhammad bin Syekh Masawi sebagaimana
beliau belajar kepada ulama-ulama semasanya, seperti: Al-Imam Idrus bin Umar
Al-Habsyi, Al-'Arif billah Ahmad bin Hasan Al-Attos, Al-Imam Ali bin Muhammad
bin Husein Al-Habsyi, Al-'Arif billah Ali bin Salim bin Syekh Abi Bakar bin
Salim, Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Tholib Al-'Attos, Al-Habib Abdullah bin
Muhsin Al'Attos, Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Quthban As-Seggaf, Al-Habib
Abdullah bin Ali Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Muhammad bin Ali Al-Muhdhor,
Al-Habib Yahya bin Ali bin Qasim Al-Ahda,
dan masih banyak guru -guru beliau, baik di Hadramaut maupun di Jawa.
3.Amalan-amalan
Beliau memiliki
perjuangan yang sangat besar dalam menempuh kehidupanya sehari-hari dalam soal
ibadah, dengan memperbanyak sholat dan membaca wirid. Di antaranya beliau
selalu membaca kalimat: "La ilaha illAllah" sebanyak 50.000 kali
dalam sehari semalam, membaca sholawat Nabi Muhammad saw. sebanyak 20.000 kali,
dan ketika sholat tahajjud beliau membaca 5 juz Al-Qur'an pada tiap raka'atnya.
Dikisahkan bahwa setiap bulan Ramadhan beliau menghatamkan Al-Qur'an di sebuah
kuburan yang beliau gali, dan ketika beliau wafat, beliau pun di makamkan di
kuburan tersebut.
Guru kami,
Syekh Al-Qadhi Salim bin Abi Bakar Al-Haddar menceritakan sebuah kejadian saat
pasukan Al-Kaedah masuk Ke Kota Mukalla dan ingin melakukan penyerangan serta
menghancurkan sebagian makam-makam para ulama yang menjadi pusat kunjungan
(ziarah) oleh kalangan Suni dan pelajar Indonesia, salah satu sasarannya ialah
makam Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar. Mereka pun berulangkali berusaha
mengebom makam beliau. Namun kubah makam beliau tidak terpengaruh sedikit pun
hingga mereka di tertawai oleh orang-orang setempat. Namun setelah banyaknya
upaya yang diluncurkan oleh mereka, akhirnya kubah makam beliu pun hancur. Akan
tetapi, Alhamdulillah setelah melewati masa-masa kelam itu kini kubah tersebut
telah kembali tegak berdiri.
Di antara
kelebihan beliau adalah "ilmu laduni" yang beliau miliki sebagaimana yang
disampaikan oleh Al-Habib Salim bin Hafidz bin Syekh Abi Bakar bin Salim di
dalam kitabnya, bahwa ketika beliau datang ke kota Mukalla dan berkunjung ke
kediaman Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar pada tahun 1355 H, beliau pun senang
atas kedatanganya. Habib Salim pun menyempatkan diri untuk mengambil ilmu dari
beliau dengan membaca kitab Kasyf Al-Hijab Wa Ar-Ran karangan Imam
Sya'roni.
Habib Salim
mengatakan, "Setiap kali aku membaca suatu permasalahan, beliau
menjawabnya dahulu dengan "ilmu laduni" di mana jawaban beliau sesuai
dengan masalah tersebut sebelum kami membaca jawaban dari Syekh Sya'roni di
dalam kitabnya."
4. Perjalanan/Rihlah
Beliau
melakukan banyak perjalanan, dimulai dari keberangkatan beliau dari Surabaya
untuk menuntut ilmu dan ziarah ke ulama-ulama di 'nat dan sekitarnya. Setelah
beliau mengkhatamkan Al-Qur'an dan mendalami ilmu Fikih, beliau pun pergi ke
Tarim, lalu berangkat ke Sewun dan mengambil ilmu dari ulama-ulama yang ada di
sana. Kemudian beliau kembali ke Inat dan menetap di sana, lalu beliau
melakukan perjalanan ke pulau Jawa dan tinggal di Bangil, Pasuruan, hingga
datang petunjuk dari para gurunya untuk kembali ke Hadhramaut. Akhirnya beliau
berangkat kembali ke Hadhramaut dan turun di Inat untuk berziarah ke makam
datuknya, Syekh Abu Bakar bin Salim dan yang lainya.
Selanjutnya
beliau berangkat ke Tarim kemudian Mukalla dan beliau menetap di sana sebentar
lalu kembali ke Hadhramaut untuk yang kedua kalinya. Terakhir beliau berangkat
ke kota Mukalla dan memutuskan untuk bertempat tinggal di sana.
5.Dakwah
Di saat beliau
bertempat tinggal di Mukalla, beliau mengadakan pengajian dan majelis-majelis
ilmu. Beliau juga senantiasa memberikan nasihat, petunjuk. Memiliki sifat bijaksana
dan semangat yang tinggi, berani menegakkan kebenaran dan tidak pernah takut
kepada siapa pun kecuali kepada Allah Swt. Dari sekian jauh dakwah yang beliau
lakukan, Habib Muhammad bin Abdullah bin Hasan Al-Muhdor menuliskan sebagian
kalam hikmah dan wasiat-wasiat beliau di dalam kitabnya, Ad-Durroh
Al-Fakhirah Min Nafaisi Al-'Ithrah At-Thahirah, di antaranya:
•"Aku
mewasiatkan untuk membaca hadis Nabi Muhammad saw. Segala sesuatu setelah
Al-Quran adalah perkataanya Rasulullah saw.
Itu merupakan obat dan penyembuh dari penyakit hati. Cukupkanlah dirimu
bahwa perkataanya Rasulullah ialah perkataan Yang jauh dari hawa nafsu
sebagaimana firman Allah:
وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ
• إِنْ هُوَ إِلَّاوَحْىٌ يُوحَىٰ~
•"Aku
mewasiatkan kepadamu untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad saw. Karena itu
adalah obatnya tubuh dan hati. Dengannyalah seseorang menjadi dekat terhadap
Rasulullah saw. Dan dengannya pulalah hilang segala kesedihan, dimudahkan
rezeki, menjadi penerang saat di titian sirath. Maka pemberian apakah yang
lebih besar dari itu? Dan hadiah apa yang lebih mulia darinya?"
•"Setiap
kebaikan itu ketika mengikuti (ittiba'), setiap keburukan yaitu saat
melakukan bid'ah. Barang siapa yang tidak mengikuti para ulama salaf, maka ia
akan menyesal dan kesusahan."
6.Murid-murid
Banyak penuntut
ilmu yang belajar kepada beliau, di antaranya: Al-Habib Abdullah bin
Abdurrahman bin Syekh Abi Bakar bin Salim, Al-Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddad,
Al-Habib Mahbubullah bin Muhammad Al-Jaelani, Al-Habib Salim bin Hafidz,
Al-Habib Sholeh bin Muhammad Mauladdawilah, Al-Habib Ali bin Abi Bakar
Al-Masyhur, Khalifah Al-Aslaf Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad As-Seggaf, Al-Habib Ad-Da'i ilAllah Ahmad Masyhur bin
Toha Al-Haddad, Al-Habib Haddar bin Muhammad Al-Haddar, Syekh Abdul Karim bin
Abdul Qadir Al-Jaelani, Al-Habib Husein bin Muhammad bin Musthofa bin Syekh Abi
Bakar bin Salim.
8. karangan
Beliau memiliki
beberapa tulisan dalam ilmu agama, di antaranya: Mukhtashor Kanzul Al-Asrar,
Raudhotul Anwar , 'Aqdul fariid, Diwan Qasaid, dll.
9.Wafat
Perjalanan
panjang dalam dakwah dan membagikan warisan datuk beliau, Nabi Muhammad saw.
telah jauh beliau lalui, hingga Allah Swt. memberikan tempat peristirahatan
yang abadi dengan memanggil beliau kehadirat-Nya. Beliau wafat pada hari Ahad 3
Dzulqa'dah tahun 1357 H. dan dimakamkan di hari yang sama setelah sholat Ashar.
Setelah 30 hari dari wafatnya, Al-Habib Abdullah bin Umar As-Syathiri meletakan
sebuah Tabut di kuburan beliau.
Semoga Allah
Swt. memberikan kepada kita berkah, ilmu, dan cahaya yang dimasukan kedalam
hati beliau dan para Auliya As-Sholihin. Aamiin.
Imam Syafi'i
mengatakan, "Aku mencintai orang-orang sholeh, tapi aku bukan bagian dari
mereka, semoga aku menerima syafaat pula darinya." Kita hanyalah bisa
menjadi seorang pecinta. Semoga dengan rasa cinta kita kepada ulama dan auliya,
Allah kumpulkan kita di dalam Surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan bersama
mereka, khususnya bertemu dengan Sayyid Al-Wujud, Nabi Muhammad shallallahu
‘alaihi wasallam.
Referensi:
-Kitab Qabasatun
An-Nur, karangan Al-Habib Abu Bakar bin Ali bin Abu Bakar bin Alawi
Masyhur.
-Kitab Al-Qadh
Al-Mumalla Fi Akhbar Al-Mukalla, karangan Al-Habib Sholeh Al-Aydrus.
-Kitab Minhah
Al-Ilah, karangan Al-Habib Salim bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim.
Posting Komentar