Jumat, 10 September 2021

SHOHIB MUKALLA, Al-Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar

 Oleh : Abdul Aziz bin Abdullah

 Penulis adalah mahasiswa tingkat 2, Fak. Syariah – Universitas Imam Syafi’i, Mukalla, Hadhramaut, Yaman.



Nafashadhramaut.id Beliau merupakan satu di antara sekian banyak ulama Hadhramaut yang terkenal akan keluasan ilmunya, baik yang dzahir maupun batin. Perjalanan jauh yang telah beliau tempuh dari Nusantara menuju samudera ilmu tak berbuah sia-sia. Bahkan pada zamannya, beliau menjadi rujukan oleh para ulama, dan juga banyak para murid yang mengambil warisan Rasulullah saw. melalui beliau, sehingga murid-muridnya pun menjadi khalifah di kurun setelahnya.


1. Nasab beliau

Beliau adalah Al-Imam Al-'Arif billah Al -Habib Ahmad bin Muhsin bin Abdullah bin Hadi bin Ali Al-Haddar bin Muhsin bin Al-Husein bin Syekh Abi Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Al-Muqaddam At-Tsani Abdurrahman As-Seggaf bin Muhammad Mauladdawilah bin Ali bin Alwi bin Al-Faqih Al-Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohib Mirbath bin Ali Khali' Qasam bin Alwi bin Muhammad Shohib Shouma'ah bin Alwi bin Ubaidillah bin Al-Muhajir ilAllah Ahmad bin Isa bin Muhammad An-Nagib bin Ali Al-Uraidhi bin Ja'far Shodiq bin Muahammad Al-Bagir bin Ali Zain Al-'Abidin bin Sayyidina Al-Imam Al-Husein bin Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fatimah Az-Zahra Al-Batul putri Rasulullah saw.


2. Tempat lahir

Beliau lahir tanggal 21 Jumadil Akhir pada tahun 1279 H. Tepatnya di sebuah daerah di kota Surabaya, Jawa Timur. Di sinilah tempat pertama beliau menuntut ilmu kepada orang tua dan Ulama-ulama sekitarnya dengan penuh perhatian dalam akhlak dan pendidikan, hingga orang tua beliau mengambil keputusan untuk mengirim beliau ke tanah dan di Inat, Hadhramaut, Yaman.

 

Setiba di kota Inat, Beliau pun melanjutkan belajar  ke sebuah sekolah milik kakeknya Al-Habib Husein bin Syekh Abi Bakar bin Salim. Di sekolah itu, beliau belajar berbagai macam bidang ilmu pengetahuan agama kepada Syekh Salim bin 'Oudh Bamahu dan Habib Muhammad bin Zein Ba'abud.

 

Beliau mengambil ilmu Tajwid kepada Habib Alwi bin Abdurrahman Al-Masyhur. Ilmu Nahwu, dan Fikih kepada Habib Ahmad bin Thoha As-Seggaf dan  Habib Muhammad bin Syekh Masawi sebagaimana beliau belajar kepada ulama-ulama semasanya, seperti: Al-Imam Idrus bin Umar Al-Habsyi, Al-'Arif billah Ahmad bin Hasan Al-Attos, Al-Imam Ali bin Muhammad bin Husein Al-Habsyi, Al-'Arif billah Ali bin Salim bin Syekh Abi Bakar bin Salim, Al-Habib Ahmad bin Abdullah bin Tholib Al-'Attos, Al-Habib Abdullah bin Muhsin Al'Attos, Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad bin Quthban As-Seggaf, Al-Habib Abdullah bin Ali Al-Haddad, Al-Habib Ahmad bin Muhammad bin Ali Al-Muhdhor, Al-Habib Yahya bin Ali bin Qasim Al-Ahda,  dan masih banyak guru -guru beliau, baik di Hadramaut maupun di Jawa.

 

3.Amalan-amalan

Beliau memiliki perjuangan yang sangat besar dalam menempuh kehidupanya sehari-hari dalam soal ibadah, dengan memperbanyak sholat dan membaca wirid. Di antaranya beliau selalu membaca kalimat: "La ilaha illAllah" sebanyak 50.000 kali dalam sehari semalam, membaca sholawat Nabi Muhammad saw. sebanyak 20.000 kali, dan ketika sholat tahajjud beliau membaca 5 juz Al-Qur'an pada tiap raka'atnya. Dikisahkan bahwa setiap bulan Ramadhan beliau menghatamkan Al-Qur'an di sebuah kuburan yang beliau gali, dan ketika beliau wafat, beliau pun di makamkan di kuburan tersebut.

 

Guru kami, Syekh Al-Qadhi Salim bin Abi Bakar Al-Haddar menceritakan sebuah kejadian saat pasukan Al-Kaedah masuk Ke Kota Mukalla dan ingin melakukan penyerangan serta menghancurkan sebagian makam-makam para ulama yang menjadi pusat kunjungan (ziarah) oleh kalangan Suni dan pelajar Indonesia, salah satu sasarannya ialah makam Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar. Mereka pun berulangkali berusaha mengebom makam beliau. Namun kubah makam beliau tidak terpengaruh sedikit pun hingga mereka di tertawai oleh orang-orang setempat. Namun setelah banyaknya upaya yang diluncurkan oleh mereka, akhirnya kubah makam beliu pun hancur. Akan tetapi, Alhamdulillah setelah melewati masa-masa kelam itu kini kubah tersebut telah kembali tegak berdiri.

 

Di antara kelebihan beliau adalah "ilmu laduni" yang beliau miliki sebagaimana yang disampaikan oleh Al-Habib Salim bin Hafidz bin Syekh Abi Bakar bin Salim di dalam kitabnya, bahwa ketika beliau datang ke kota Mukalla dan berkunjung ke kediaman Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddar pada tahun 1355 H, beliau pun senang atas kedatanganya. Habib Salim pun menyempatkan diri untuk mengambil ilmu dari beliau dengan membaca kitab Kasyf Al-Hijab Wa Ar-Ran karangan Imam Sya'roni.

 

Habib Salim mengatakan, "Setiap kali aku membaca suatu permasalahan, beliau menjawabnya dahulu dengan "ilmu laduni" di mana jawaban beliau sesuai dengan masalah tersebut sebelum kami membaca jawaban dari Syekh Sya'roni di dalam kitabnya."

 

4. Perjalanan/Rihlah

Beliau melakukan banyak perjalanan, dimulai dari keberangkatan beliau dari Surabaya untuk menuntut ilmu dan ziarah ke ulama-ulama di 'nat dan sekitarnya. Setelah beliau mengkhatamkan Al-Qur'an dan mendalami ilmu Fikih, beliau pun pergi ke Tarim, lalu berangkat ke Sewun dan mengambil ilmu dari ulama-ulama yang ada di sana. Kemudian beliau kembali ke Inat dan menetap di sana, lalu beliau melakukan perjalanan ke pulau Jawa dan tinggal di Bangil, Pasuruan, hingga datang petunjuk dari para gurunya untuk kembali ke Hadhramaut. Akhirnya beliau berangkat kembali ke Hadhramaut dan turun di Inat untuk berziarah ke makam datuknya, Syekh Abu Bakar bin Salim dan yang lainya.

 

Selanjutnya beliau berangkat ke Tarim kemudian Mukalla dan beliau menetap di sana sebentar lalu kembali ke Hadhramaut untuk yang kedua kalinya. Terakhir beliau berangkat ke kota Mukalla dan memutuskan untuk bertempat tinggal di sana.

 

5.Dakwah

Di saat beliau bertempat tinggal di Mukalla, beliau mengadakan pengajian dan majelis-majelis ilmu. Beliau juga senantiasa memberikan nasihat, petunjuk. Memiliki sifat bijaksana dan semangat yang tinggi, berani menegakkan kebenaran dan tidak pernah takut kepada siapa pun kecuali kepada Allah Swt. Dari sekian jauh dakwah yang beliau lakukan, Habib Muhammad bin Abdullah bin Hasan Al-Muhdor menuliskan sebagian kalam hikmah dan wasiat-wasiat beliau di dalam kitabnya, Ad-Durroh Al-Fakhirah Min Nafaisi Al-'Ithrah At-Thahirah, di antaranya:

 

•"Aku mewasiatkan untuk membaca hadis Nabi Muhammad saw. Segala sesuatu setelah Al-Quran adalah perkataanya Rasulullah saw.  Itu merupakan obat dan penyembuh dari penyakit hati. Cukupkanlah dirimu bahwa perkataanya Rasulullah ialah perkataan Yang jauh dari hawa nafsu sebagaimana firman Allah:

  وَمَا يَنطِقُ عَنِ ٱلْهَوَىٰٓ  •   إِنْ هُوَ إِلَّاوَحْىٌ يُوحَىٰ~                                                

•"Aku mewasiatkan kepadamu untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad saw. Karena itu adalah obatnya tubuh dan hati. Dengannyalah seseorang menjadi dekat terhadap Rasulullah saw. Dan dengannya pulalah hilang segala kesedihan, dimudahkan rezeki, menjadi penerang saat di titian sirath. Maka pemberian apakah yang lebih besar dari itu? Dan hadiah apa yang lebih mulia darinya?"

 

•"Setiap kebaikan itu ketika mengikuti (ittiba'), setiap keburukan yaitu saat melakukan bid'ah. Barang siapa yang tidak mengikuti para ulama salaf, maka ia akan menyesal dan kesusahan."

 

6.Murid-murid

Banyak penuntut ilmu yang belajar kepada beliau, di antaranya: Al-Habib Abdullah bin Abdurrahman bin Syekh Abi Bakar bin Salim, Al-Habib Ahmad bin Muhsin Al-Haddad, Al-Habib Mahbubullah bin Muhammad Al-Jaelani, Al-Habib Salim bin Hafidz, Al-Habib Sholeh bin Muhammad Mauladdawilah, Al-Habib Ali bin Abi Bakar Al-Masyhur, Khalifah Al-Aslaf Al-Habib Abdul Qadir bin Ahmad As-Seggaf,  Al-Habib Ad-Da'i ilAllah Ahmad Masyhur bin Toha Al-Haddad, Al-Habib Haddar bin Muhammad Al-Haddar, Syekh Abdul Karim bin Abdul Qadir Al-Jaelani, Al-Habib Husein bin Muhammad bin Musthofa bin Syekh Abi Bakar bin Salim.

 

8. karangan

Beliau memiliki beberapa tulisan dalam ilmu agama, di antaranya: Mukhtashor Kanzul Al-Asrar, Raudhotul Anwar , 'Aqdul fariid, Diwan Qasaid, dll.

 

9.Wafat

Perjalanan panjang dalam dakwah dan membagikan warisan datuk beliau, Nabi Muhammad saw. telah jauh beliau lalui, hingga Allah Swt. memberikan tempat peristirahatan yang abadi dengan memanggil beliau kehadirat-Nya. Beliau wafat pada hari Ahad 3 Dzulqa'dah tahun 1357 H. dan dimakamkan di hari yang sama setelah sholat Ashar. Setelah 30 hari dari wafatnya, Al-Habib Abdullah bin Umar As-Syathiri meletakan sebuah Tabut di kuburan beliau.

 

Semoga Allah Swt. memberikan kepada kita berkah, ilmu, dan cahaya yang dimasukan kedalam hati beliau dan para Auliya As-Sholihin. Aamiin.

 

Imam Syafi'i mengatakan, "Aku mencintai orang-orang sholeh, tapi aku bukan bagian dari mereka, semoga aku menerima syafaat pula darinya." Kita hanyalah bisa menjadi seorang pecinta. Semoga dengan rasa cinta kita kepada ulama dan auliya, Allah kumpulkan kita di dalam Surga-Nya yang penuh dengan kenikmatan bersama mereka, khususnya bertemu dengan Sayyid Al-Wujud, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

 

Referensi:

-Kitab Qabasatun An-Nur, karangan Al-Habib Abu Bakar bin Ali bin Abu Bakar bin Alawi Masyhur.

-Kitab Al-Qadh Al-Mumalla Fi Akhbar Al-Mukalla, karangan Al-Habib Sholeh Al-Aydrus.

-Kitab Minhah Al-Ilah, karangan Al-Habib Salim bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim.

 



 

Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search